Kamis, 31 Juli 2008

Global Warming a.k.a GW

Mungkin ni topik klise bgt yakk!? Tapi gpp laa. Masak gpp dong. ehe. Ra penting,, lanjut saja.

Ak abz baca artikel2 soal GW. Rata2 pada bilang GW ntu jelek. Yah,, gag heran siy, dgn kondisi bumi blakangan ini.. Padahal staw Ak benernya GW alias pemanasan global ntu penting bgdh. Klo gag ad GW,, bumi bakal balik k zaman es. Nha masalahnya blakangan ini GW yg terjadi ntu ud klewatan. Jd hal positif yg kita dapet sebagae efek dr adanya GW ntu ketutup ama brita buruk soal bad effect GW yg berlebihan. Hedew. Di postingan kali ni Ak bakal ngebahas soal solusi dr masalah2 yg timbul akibat
sisi negatif GW..

Walo ud sering denger macem2 soal GW,, teuteup aj shocked. Bumi kita dalam bahaya. Berbagae bencana suda terjadi akibat GW berlebih,, such as badai mcm2, kekeringan d satu tempat smentara d belahan dunia laen kbanjiran, melelehnya lapisan es kutub, pnyakit menggila, dll. Bahkan ad yg bilang umur bumi ni tinggal bbrp taon. Ngeri! Tp Ak gag bakal ngomongin atu2 ntu smwa,, coz Ak yakin xAn bsa cari taw detilnya lwt internet. ehe.

Ni bukannya Ak mo sok taw ya sodara2... Ni sbagae bentuk kpedulian Ak thd masalah ene. Berikut adalah usaha2 yang dapat kita lakukan untuk ngurangin efek negatif dr GW berlebih.. Beberapa cukup simpel tuk dilakukan. Dirangkum dr berbagae sumber :

1. Habisin makananmu.
Ni cara yg paling simpel. Dengan menyisakan makanan sama aj kmu bikin lbi byk sampah. Lagian eman2 gt,, maeman dibuang2.. masi byk org yg kekurangan gizi.

2. Hemat listrik.
Matiin lampu n cabut kabel alat2 listrik yg ud gag kepake.
Slaen buat hemat duit,, harus kita inget jg bahwa produksi listrik ntu sbagian besar pke bahan bakar fosil,, ujung2nya GW lg dw.

3. Hemat BBM.
Macem2 siy caranya.. Bisa dengan cara kurangi penggunaan kendaraan bermotor milik pribadi. Ganti dgn speda, pke transportasi publik, ato jalan. Sayang,, ini Indonesia. euh. Transportasi publik masi jao dr yg diharapkan.

4.
Hemat kertas.
Dengan ngehemat kertas,, sama artinya kita ngebantu usaha pelestarian hutan. Taw ndiri to,, klo kertas dibikin dr kayu yg notabene berasal dr hutan!? Hutan kan byk bgt fungsinya....

5.
Kurangin penggunaan plastik.
Plastik ntu susah bgt diurai. Cuman ngotorin doang klo dipendem di tanah. Bikin aer susah ngresep pula. Mendingan klo blanja,, bw kantong plastik ndiri, ato pke kantong dr bahan kaen yg ramah lingkungan,, ato pke kerdus jg gpp dew.

6.
Hemat aer.
Persediaan aer bersih ud menipis. Liat ndiri kan d brita2..!? Sodara2 kita,, aer aj musti beli.

7. Tanem pohon.
Pohon ntu kan penghasil oksigen yg op kors berguna bgt bwt smw makhluk hidup,, bikin sejuk gt,, slaen ntu jg ngehambat terjadinya banjir.

8.
Jadilah Vegetarian
.
Yg atu ini rada susah bwt Ak,, coz Ak cinta bgd ama daging n cenderung gag suka sayur. Tp berdasarkan penelitian,, peternakan ternyata merupakan penyumbang terbesar gas rumah kaca yg memperparah GW. hedew.

9. Sebarkan informasi ini.
Jangan cuman kmu doank yg ngerti. Bumi ini milik kita bersama,, jd musti dirawat rame2. Kasi taw orang2 d skitarmu!!

Yak,,ni sdikit dr Ak bwt bumi. Go green!! Batasi Global Warmming!!! --bukan stop global warming lhoo.... --

Smoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: